Dinas Pendidikan Kota Semarang Libatkan RDRM Dalam Penguatan Sekolah Ramah Anak dan Pendidikan Inklusif di SMPN 31 Semarang

Dinas Pendidikan Kota Semarang Libatkan RDRM Dalam Penguatan Sekolah Ramah Anak dan Pendidikan Inklusif di SMPN 31 Semarang
"

Semarang - Mewujudkan pendidikan yang ramah anak dan inklusif adalah komitmen Dinas Pendidikan Kota Semarang. Komitmen ini terwujud dengan adanya program Sekolah Ramah Anak dan Sekolah Inklusi di Kota Semarang, yang salah satunya dilaksanakan oleh SMPN 31 Semarang. Rumah Duta Revolusi Mental (RDRM) Kota Semarang dilibatkan sebagai narasumber dalam rangka Penguatan Sekolah Ramah Anak dan Pendidikan Inklusif di SMPN 31 Semarang pada Senin (7/12/2021). Pada kesempatan ini, Koordinator Program dan Layanan RDRM, Putri Marlenny, P., S.Psi., M.Psi., Psikolog menyampaikan materi mengenai “Strategi Perlindungan dan Pembelajaran Terapeutik Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus”. Anak berkebutuhan khusus yang belajar di sekolah inklusi sangat rentan mengalami diskriminasi dan bullying, maka, untuk melindungi peserta didik berkebutuhan khusus, sekolah hendakya memiliki sistem pencegahan dan penanganan tindak kekerasan. Selain itu sekolah juga hendaknya terus menguatkan seluruh warga sekolah dalam menjaga iklim ramah anak.

Pada acara ini para guru juga diberikan pengetahuan mengenai pembelajaran terapeutik bagi peserta didik berkebutuhan khusus. Pembelajaran terapeutik adalah pembelajaran yang responsif terhadap kondisi dan kebutuhan psikologis peserta didik berkebutuhan khusus. Kegiatan penguatan sekolah ramah anak dan pendidikan inklusif ini dirasa penting untuk meneguhkan komitmen seluruh warga sekolah, terutama guru dan tenaga kependidikan terhadap iklim sekolah yang ramah anak dan nilai-nilai pendidikan inklusif. Selain itu juga meningkatkan mutu layanan sekolah inklusi serta pendampingan peserta didik berkebutuhan khusus.

"

Dipost Oleh Super Administrator

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.

Post Terkait