DPPPA Kota Semarang Melalui Rumah Duta Revolusi Mental RDRM adakan Bimtek Kompetensi Psikologi Guru BK dalam Penanganan Bullying di Sekolah Kota Semarang

Kamis, 8 Maret 2018 | 14:36 WIB

Semarang – Dalam rangka menekan angka tindak kekerasan atau bullying di Sekolah, Pemerintah Kota Semarang Bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Semarang melalui Rumah Duta Revolusi Mental (RDRM) mengadakan Bimtek Kompetensi Psikologi Guru BK dalam Penanganan Bullying di Sekolah Kota Semarang. Bimtek tersebut dilaksanakan pada tanggal 17-18 April 2018.

Bimtek Kompetensi Psikologi Guru BK dalam Penanganan Bullying di Sekolah Kota Semarang dilaksanakan di hotel GranDhika Semarang selama 2 hari. Bimtek dibuka oleh Drs. Budi Satmoko Aji selaku Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Semarang. Peserta yang diundang oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Semarang adalah Guru BK SMA/Sederajat Kota Semarang. Narasumber pada Bimtek Kompetensi Psikologi Guru BK dalam Penanganan Bullying di Sekolah Kota Semarang yaitu Lainatul Mudzkiyyah, S.Psi., M.Psi., Psikolog yang berprofesi sebagai Dosen di Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Walisongo Semarang yang memberikan materi tentang Dinamika Remaja & Sistem Mental Health di Sekolah. Narasumber lain yang hadir dalam Bimtek adalah Yudi Kurniawan, M.Psi., Psikolog yang juga berprofesi sebagai Dosen di Fakultas Psikologi Universitas Semarang (USM) memberikan materi tentang Psychological First Aid (PFA) dalam Penanganan Bullying di Sekolah. Pada Pelaksanaannya, tidak hanya kedua narasumber saja yang juga terlibat dalam kegiatan ini menjelaskan tentang materi terkait bullying. Namun RDRM juga memiliki peran penting dalam pelaksanaan bimtek ini.

Adapun tujuan dari diselenggarakannya kegiatan bimtek ini adalah sebagai program penanganan kekerasan terhadap anak di sekolah dan juga pemantapan Program Sekolah Ramah Anak Kota Semarang.

Peserta undangan sangat mengapresiasi acara ini dan berharap agar Pemerintah Kota Semarang sering mengadakan kegiatan-kegiatan positif seperti ini untuk bekal bagi guru agar dapat mengantisipasi ataupun mengurangi angka tindak kekerasan terhadap anak di sekolah.

 

© 2017 Geber Septi - Pemerintah Kota Semarang. All rights reserved