DP3A Melalui Rumah Duta Revolusi Mental Adakan Bimtek Mediasi Penanganan Kekerasan Perempuan dan Anak Kota Semarang.

Rabu, 18 Juli 2018 | 11:40 WIB

Semarang – Dewasa ini, kasus kekerasan yang terjadi di keluarga semakin meningkat. Kekerasan tersebut terjadi pada perempuan maupun anak baik sebagai pelaku maupun korban. Dampak yang ditimbulkan tidak sedikit. Dalam upaya menekan dampak yang mungkin akan terjadi, DP3A melalui Rumah Duta Revolusi Mental melakukan pencegahan akan hal tersebut. Upaya pencegahan kekerasan dilakukan dengan mengadakan Bimtek Mediasi Penanganan Kekerasan Perempuan dan Anak bagi Penyuluh Agama di Kota Semarang, Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 20-21 Maret 2018 di Hotel Candi Indah Semarang dan dihadiri oleh perwakilan penyuluh agama setiap kecamatan di Kota Semarang baik PNS maupun Non PNS.

Pada pelaksanaannya, hari pertama menghadirkan dua narasumber. Narasumber pertama adalah Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang yaitu Drs. H. Muh. Habib, MM, beliau menjelaskan tentang Peran Penyuluh Agama Dalam Pencegahan Dan Mediasi Penanganan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak. Narasumber ke dua adalah Advokat dari RDRM yaitu Dian Setyo Nugroho, S.H., Adv, beliau memaparkan Mediasi Ramah Anak dalam Penyelesaian Konflik di Masyarakat. Sedangkan bimtek di hari ke dua menghadirkan Putri Marlenny P., S.Psi., M.Psi., Psikolog sebagai narasumber. Beliau adalah Koordinator Sekaligus Psikolog RDRM Kota Semarang yang memaparkan tentang Pemulihan Psikososial dalam Keadilan Restoratif.

Adapun kesan positif dari peserta yaitu peserta merasa terbantu dengan adanya bimtek, karena mereka mendapatkan ilmu baru dalam upaya pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Peserta juga berharap Pemerintah Kota Semarang lebih sering mengadakan kegiatan-kegiatan positif seperti kegiatan ini.

© 2017 Geber Septi - Pemerintah Kota Semarang. All rights reserved