RDRM Mengadakan Sosialisasi Keadilan Restoratif Berbasis Sekolah yang difasilitasi oleh DP3A Kota Semarang

Rabu, 25 April 2018 | 15:54 WIB

Semarang – Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Semarang fasilitasi Rumah Duta Revolusi Mental (RDRM) Kota Semarang mengadakan Sosialisasi Keadilan Restoratif Berbasis Sekolah. Kegiatan tersebut dilaksanakan  upaya memberikan keadilan antara sekolah dengan anak sekolah yang berhadapan dengan hukum baik anak sebagai pelaku maupun anak sebagai korban Kegiatan Sosialisasi dilaksanakan dua hari di Hotel AstonIn Semarang, pada tanggal 6-7 Februari 2018.

Sosialisasi dibuka dengan Doa dan sambutan Kepala DP3A Kota Semarang yang dalam hal ini diwakilkan oleh Sekretaris DP3A yaitu Elly Sugiatmi, SH serta Dilanjutkan dengan laporan kegiatan yang diasampaikan oleh Drs. Budi Satmoko Aji selaku Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) DP3A Kota Semarang. Dalam pelaksanaannya terdapat dua narasumber diantaranya yang pertama yaitu Psikolog sekaligus Koordinator RDRM Kota Semarang Putri Marlenny P., S.Psi., M.Psi.,Psikolog. Beliau menyampaikan materi tentang Keadilan Restoratif Berbasis Sekolah. Sedangakan narasumber ke dua adalah Kasi Bimbingan Klien Anak Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Klas I Semarang yaitu Catur Yuliwiranto, S.ST.,MSW. Beliau memaparkan materi tentang Diversi.

Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang penyelesaian suatu masalah di luar pengadilan dan berbagai manfaat yang didapat bagi anak yang berhadapan dengan hukum.

Peserta merasa sangat terbantu dengan adanya Sosialisasi Keadilan Restoratif Berbasis Sekolah. Karena peserta mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana untuk melakukan penanganan anak yang berhadapan dengan hukum.

© 2017 Geber Septi - Pemerintah Kota Semarang. All rights reserved